Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Membangun Kerukunan Beragama dalam Kehidupan Sehari-hari
#1
[glow=blue]Membangun Kerukunan Beragama dalam Kehidupan Sehari-hari[/glow]

Di Indonedia terdapat banyak sekali agama, maka dari itu kita harus rukun dan saling toleransi antar umat beragama yang ada di Indonesia ataupun negara-negara lainnya. Kerukunan Hidup Umat Beragama, berarti perihal hidup rukun yaitu hidup dalam suasana baik dan damai, tidak bertengkar; bersatu hati dan bersepakat antar umat yang berbeda-beda agamanya; atau antara umat dalam satu agama.

Dalam memantapkan kerukunan hidup umat beragama perlu dilakukan suatu upaya-upaya yang mendorong terjadinya kerukunan hidup umat beragama secara mantap dalam bentuk:
  • 1. Memperkuat dasar-dasar kerukunan internal dan antar umat beragama, serta antar umat beragama dengan pemerintah.
    2. Membangun harmoni sosial dan persatuan nasional dalam bentuk upaya mendorong dan mengarahkan seluruh umat beragama untuk hidup rukun dalam bingkai teologi dan implementasi dalam menciptakan kebersamaan dan sikap toleransi.
    3. Menciptakan suasana kehidupan beragama yang kondusif dalam rangka memantapkan pendalaman dan penghayatan agama serta pengamalan agama yang mendukung bagi pembinaan kerukunan hidup intern dan antar umat beragama.
    4. Melakukan eksplorasi secara luas tentang pentingnya nilai-nilai kemanusiaan dari seluruh keyakinan plural umat manusia yang fungsinya dijadikan sebagai pedoman bersama dalam melaksanakan prinsip-prinsip berpolitik dan berinteraksi sosial satu sama lainnya dengan memperlihatkan adanya sikap keteladanan.

Dari sisi ini maka kita dapat mengambil hikmahnya bahwa nilai-nilai kemanusiaan itu selalu tidak formal akan mengantarkan nilai pluralitas kearah upaya selektifitas kualitas moral seseorang dalam komunitas masyarakat mulya, yakni komunitas warganya memiliki kualitas ketaqwaan dan nilai-nilai solidaritas sosial.

Langkah-Langkah Strategis Dalam Memantapkan Kerukunan Hidup Umat Beragama :

Adapun langkah-langkah yang harus diambil dalam memantapkan kerukunan hidup umat beragama, diarahkan kepada 4 (empat) strategi yang mendasar yakni :
  • 1. Para pembina formal termasuk aparatur pemerintah dan para pembina non formal yakni tokoh agama dan tokoh masyarakat merupakan komponen penting dalam pembinaan kerukunan antar umat beragama.
    2. Masyarakat umat beragama di Indonesia yang sangat heterogen perlu ditingkatkan sikap mental dan pemahaman terhadap ajaran agama serta tingkat kedewasaan berfikir agar tidak menjurus ke sikap primordial.
    3. Peraturan pelaksanaan yang mengatur kerukunan hidup umat beragama perlu dijabarkan dan disosialisasikan agar bisa dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan demikian diharapkan tidak terjadi kesalahpahaman dalam penerapan baik oleh aparat maupun oleh masyarakat, akibat adanya kurang informasi atau saling pengertian diantara sesama umat beragama.
    4. Perlu adanya pemantapan fungsi terhadap wadah-wadah musyawarah antar umat beragama untuk menjembatani kerukunan antar umat beragama.

Penerapan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari dapat digolongkan menjadi tiga yaitu :
  • 1. Persatuan dan Kerukunan Intern Umat Beragama.
    2. Persatuan dan Kerukunan Antar Umat Beragama
Sikap toleransi antar umat beragama dapat ditunjukkan melalui :
  • 1. Saling menghargai dan menghormati ajaran masing-masing agama.
    2. Menghormati atau tidak melecehkan simbol-simbol maupun kitab suci masing-masing agama.
    3. Tidak mengotori atau merusak tempat ibadah agama oranga lain, serta ikut menjaga ketrtiban dan ketenangan kegiatan keagamaan.
    4. Persatuan dan Kerukunan Umat Beragama dengan Pemerintah

Berikut Contoh Kerukunan Umat Beragama Di Bali yakni tempat peribadatan Puja Mandala yang berisi 5 tempat ibadah umat beragama :

[Image: 14268257911358022763.jpg]

[Image: nama2-t-ibadah-IN.jpg]

[Image: Puja%2BMandala.jpg]

Kesimpulan
Kerukunan umat bragama yaitu hubungan sesama umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara.

Saran
Jagalah dan tingkatkanlah toleransi yang tinggi antar umat beragama. Jangan jadikan perbedaan sebagai masalah, tapi jadikanlah perbedaan sebagai suatu kelebihan untuk saling melengkapi menuju kehidupan yang lebih baik.

Sumber :
[spoil]http://meidythania.blogspot.com/2014/10/...dalam.html[/spoil]
Reply
#2
O:-) Big Grin nice post gan
Reply
#3
Yoga34 Wrote:O:-) Big Grin nice post gan
Terimakasih telah berkunjung gan...
Reply
#4
Puja mandala deket rumah saya tuh Smile)
Reply
#5
Onky Antara Wrote:Puja mandala deket rumah saya tuh Smile)
Hahahhaa... Smile)
Reply
#6
Itulh indo berbeda - beda tpi tetap satu.

Sent from my GT-I9152 using Tapatalk
[Image: 2e164g7.png]
Reply
#7
Toleransi antar agama sngat pnting dlam khidupan sehari-hari

Sent from my GT-I9152 using Tapatalk
[Image: 2e164g7.png]
Reply
#8
Yesha Agus Ariwanta Wrote:Toleransi antar agama sngat pnting dlam khidupan sehari-hari

Sent from my GT-I9152 using Tapatalk
Tapi terkadang perbedaan agama menimbulkan konflik gan
Reply
#9
'deHerry Wrote:
Yesha Agus Ariwanta Wrote:Toleransi antar agama sngat pnting dlam khidupan sehari-hari

Sent from my GT-I9152 using Tapatalk
Tapi terkadang perbedaan agama menimbulkan konflik gan
Btul gan

Sent from my GT-I9152 using Tapatalk
[Image: 2e164g7.png]
Reply
#10
Tpii indo konflik agama.a, msih gg terlalu keras lh.
Bndingin kyk negara lain.

Sent from my GT-I9152 using Tapatalk
[Image: 2e164g7.png]
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Us
    Write About your Forum and stuff where this theme is Placed Just I am trying to extend the paragraphs to make some nice looking lines. But you can write about your forum lol. Like what your forum have special and all. or just leave what i have written if you don't like to write much..